Tugas : UTS Sistem Berkas
Dosen : Hendrayudi, S.Kom.
Disusun oleh : Fredik Susola
NPM. : 0913054


Pendahuluan

Informasi atau data yang disimpan dalam file komputer sangat rentan terhadap berbagai ancaman. Jika secara fisik rusak atau disabotase, otomatis seluruh informasi yang ada didalamnya berisiko hilang atau terambil dan dimiliki orang lain.
Berbagai metode sabotasepun sangat beragam dengan berbagai maksud dan tujuan, misalnya saja hacker yang membobol system, karyawan yang sengaja merusak data perusahaan, atau rekan kerja yang memodifikasi file tertentu tanpa pengetahuan pemiliknya
Ancaman demikian bisa menjebol pertahanan system, si pelaku sudah mendapat akses terhadap system komputer dan siap mengobrak-abrik informasi didalamnya. Tetapi ada pertahanan terakhir yang masih dapat digunakan dan efektif.
Pada paper ini penulis menyarankan untuk menggunakan File Lock Versi 6.1, walaupun masih dalam trial lisensi dalam 15 hari. Cukup baik untuk melindungi file, folder dan drive.

Pengertian

File Lock versi 6.1 merupakan aplikasi utility yang berfungsi untuk memproteksi atau melindungi berkas yang berupa file, folder hingga drive. Jenis file yang bisa diproteksi adalah seluruh file office bahkan mungkin jenis file lainnya. Pada tingkat yang lebih tinggi folder dan drive bisa di lindungi dengan aman dari sabotase oleh hacker atau pihak-pihak tertentu.
Ketangguhan lain dari aplikasi ini adalah dapat merubah file menjadi ter-enkripsi dan mampu melakukan penguncian program.


Gambar 1. Interface File Lock versi 6.1

Dengan adanya pembatasan/ proteksi, user tidak bisa membuka, menghapus, memindahkan, dan mengcopy file/folder yang dilocking. File dan folder yang terproteksi tidak tampak,termasuk pula sewaktu dilakukan pencarian dan eksplorasi menggunakan windows explorer.
Proteksi ini terbilang ampuh, bahkan bekerja pada modus safe mode windows dan tidak menghambat kinerja system. Pada dasarnya enkripsi tidak dilakukan terhadap file dan folder yang diproteksi, tetapi dapat menggunakan fasilitas enkripsi yang disediakan oleh aplikasi ini.

langkah-langkah Menjalankan File Lock Versi 6.1

Buatlah account pengguna dan password
Pengguna bias ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Pada toolbar tools, pilih users seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya akan terbuka jendela users accounts. Pada jendela ini kita bisa menambah dengan mengklik pada tombol add new account. Atau kita bisa mengurangi dengan menggunakan tombol remove account. Untuk memberikan password atau kode kunci pilihlah tombol change account password.

Masukkan password baru anda. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Langkah mengunci Folder
- Bukalah pada menu file, pilih Lock folder seperti tampak pada gambar dibawah ini


- Jendela browser for folder akan terbuka. Pilih folder yang akan dikunci.

- Pada gambar dibawah folder yang akan dipilih adalah folder tugas. Dan klik ok. Maka folder tersebut akan masuk pada jendela aplikasi file lock.



- File, folder atau drive yang masuk pada aplikasi tersebut telah dilindungi dengan aman dalam hal ini yang menjadi contoh adalah folder. Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengujian membuka file, folder atau drive yang terkunci oleh proteksi aplikasi file lock versi 6.1

Pengujian Membuka File yang di proteksi
Pada pengujian ini, penulis hanya menjelaskan bahwa aplikasi yang berguna benar-benar terkunci dan dilindungi. Tidak menjelaskan bagai mana cara membobol dan membongkar paksa. Sebab penulis yakin ada aplikasi lain atau cara-cara tertentu yang mampu di gunakan untuk mensabotase file, folder atau drive yang diproteksi. Dengan kata lain setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Pada gambar diatas menunjukkan apabila folder tugas yang diproteksi di buka dengan perintah open ataupun dengan double klik. Terlihat bahwa system menolak untuk membukanya dengan peringatan access a denied. Klik ok untuk membatalkannya.
Bagaimana bila folder tersebut dihapus. Seperti pada gambar dibawah ini.


Maka perintah menghapus atau delete akan dibatalkan. Seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Penutup
Demikianlah paparan penulis mengenai salah satu aplikasi untuk memproteksi file, folder dan membatasi drive sebagai salah satu kajian yang menjadi tugas pada Ujian Tengah Semester mata kuliah Sistem Berkas. Penulis berharap paparan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Posting Komentar

 
Top